—
Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
PBO atau OOP adalah metode pemrograman yang memandang komponen pemrograman sebagai objek-objek yang saling berinteraksi. Objek-objek tersebut saling berinteraksi satu sama lain dengan bertukar data dan menjalankan fungsi sehingga program berjalan dan menghasilkan output yang diinginkan.
Sekilas sejarah java
• Java diciptakan oleh tim yang dibentuk pada awal tahun 1991 dan dipimpin oleh James
Gosling dan Patric Naughton.
• Tim ini dibentuk karena proyek dari Sun Microsystem yang memiliki nama The Green Project
• Tim ini dibentuk karena proyek dari Sun Microsystem yang memiliki nama The Green Project
dengan tujuan untuk menghasilkan bahasa komputer sederhana yang dapat dijalankan
di peralatan sederhana dengan tidak
terikat pada arsitektur tertentu.
• Mula-mula James Gosling menyebut bahasa pemrograman yang dihasilkan dengan OAK
terikat pada arsitektur tertentu.
• Mula-mula James Gosling menyebut bahasa pemrograman yang dihasilkan dengan OAK
tetapi karena OAK sendiri merupakan nama dari bahasa pemrograman komputer yang sudah
ada maka kemudian Sun mengubahnya menjadi Java.
Sekilas Pemrograman Berorientasi Obyek
• Pemrograman berorientasi obyek yg disingkat pbo, mempunyai konsep yang menuntut 2 sifat, yaitu fleksibel
• Pemrograman berorientasi obyek yg disingkat pbo, mempunyai konsep yang menuntut 2 sifat, yaitu fleksibel
dan dapat di gunakan kembali.
• Fleksibel ini menyangkut kemudahan, apakah itu dibuat, dibentuk dsb.
• Dapat di gunakan kembali disini berarti bila software dapat berarti modul dan dapat di gunakan oleh software
• Fleksibel ini menyangkut kemudahan, apakah itu dibuat, dibentuk dsb.
• Dapat di gunakan kembali disini berarti bila software dapat berarti modul dan dapat di gunakan oleh software
atau modul-modul lainnya.
• Konsep pbo adalah pembuatan kelas (class), obyek(object), abtraksi, pengkapsulan, pewarisan, polimorfi,
• Konsep pbo adalah pembuatan kelas (class), obyek(object), abtraksi, pengkapsulan, pewarisan, polimorfi,
interface.
• Ide dari pemrograman berorientasi obyek adalah data yg dapat digunakan oleh data lain dan fungsi.. Data dan
• Ide dari pemrograman berorientasi obyek adalah data yg dapat digunakan oleh data lain dan fungsi.. Data dan
fungsi ini di singkat menjadi obyek, yang dengan pengkapselan maka data ini tidak dapat di manipulasi oleh
obyek lain
Obyek
• Apa itu obyek ?
• Segala sesuatu di dunia nyata adalah
obyek, termasuk apa yang anda dapat
lihat.
• Semua Obyek di dunia nyata mempunyai :
• 1. Sifat, yg menerangkan keadaaan obyek
tersebut
• 2. Prilaku,yg mengungkapkan
kemungkinan apa yg diperbuat
• Apa itu obyek ?
• Segala sesuatu di dunia nyata adalah
obyek, termasuk apa yang anda dapat
lihat.
• Semua Obyek di dunia nyata mempunyai :
• 1. Sifat, yg menerangkan keadaaan obyek
tersebut
• 2. Prilaku,yg mengungkapkan
kemungkinan apa yg diperbuat
—Sebuah komponen perangkat lunak yang stukturnya mirip dengan obyek pada dunia nyata
—Kesatuan antara data (atribut) dan fungsi (method) yang memproses data tersebut
—Perwujudan dari suatu class, bersifat konkrit
—Contoh: lingkaran, hewan, pegawai, mahasiswa, mobil, dll
Data / Atribut
—Menggambarkan karakteristik/ciri khas dari suatu objek
—Contoh objek : mobil
- Data/Atribut : warna, no plat, manufaktur, kecepatan, tipe, harga
Method
Menggambarkan tingkah laku atau hal- hal yang dapat dilakukan oleh suatu objek
Kelas adalah sebuah rancangan software untuk
obyek. Kelas terdiri dari atribut-atribut dan
prosedur-prosedur.
• Contoh Kelas pada PBO yang ada di disekeliling
kita adalah :
• Manusia.
• Variabel dari Manusia adalah : nama, tgl lahir,
jenis kelamin.
• Prosedur dari Manusia adalah : bangun pagi,
bekerja, bermain, tidur.
Implementasi di pemrograman java :
class Manusia {
String Nama = "Ali";
String TglLahir = "18 Agustus 1980";
String JenisKelamin= "Laki-laki";
String jam;
void bangunPagi(){
jam="06:00";
}
void bekerja(){
jam="07:00";
}
void bermain(){
jam="18:00";
}
void tidur(){
jam="22:00";
}
}
Kegunaan Kelas:
• Dengan memakai kata kunci class maka anda :
• menggunakan kata kunci dari bahasa pemrograman java, dan anda
bisa merancang software untuk obyek.
• menggunakan Pemrograman berorientasi Obyek
• memproduksi Obyek dan obyek ini bisa berkomunikasi dengan
obyek lainnya di sebuah sistem.
• Mekanisme memproduksi Obyek dengan kelas :
• Deklarasi -> class Manusia ;
• Initialisasi -> class Manusia = new Manusia() ;
• Proses initialisasi dengan memakai kata kunci “new” sangat
berguna, karena Obyek sudah di reservasi di memori dan siap
digunakan atau interaksi dengan obyek lain.
—Dapat mengembalikan nilai balik atau tidak
—Dapat berparamater atau tidak
—Contoh objek : mobil
- Method : akselerasi, membelok, mengerem
Class
—Desain/cetakan/model/blueprint dari sebuah objek
—Wadah/tempat untuk mendefinisikan suatu objek
—Bersifat abstrak
Kelas adalah sebuah rancangan software untuk
obyek. Kelas terdiri dari atribut-atribut dan
prosedur-prosedur.
• Contoh Kelas pada PBO yang ada di disekeliling
kita adalah :
• Manusia.
• Variabel dari Manusia adalah : nama, tgl lahir,
jenis kelamin.
• Prosedur dari Manusia adalah : bangun pagi,
bekerja, bermain, tidur.
Implementasi di pemrograman java :
class Manusia {
String Nama = "Ali";
String TglLahir = "18 Agustus 1980";
String JenisKelamin= "Laki-laki";
String jam;
void bangunPagi(){
jam="06:00";
}
void bekerja(){
jam="07:00";
}
void bermain(){
jam="18:00";
}
void tidur(){
jam="22:00";
}
}
Kegunaan Kelas:
• Dengan memakai kata kunci class maka anda :
• menggunakan kata kunci dari bahasa pemrograman java, dan anda
bisa merancang software untuk obyek.
• menggunakan Pemrograman berorientasi Obyek
• memproduksi Obyek dan obyek ini bisa berkomunikasi dengan
obyek lainnya di sebuah sistem.
• Mekanisme memproduksi Obyek dengan kelas :
• Deklarasi -> class Manusia ;
• Initialisasi -> class Manusia = new Manusia() ;
• Proses initialisasi dengan memakai kata kunci “new” sangat
berguna, karena Obyek sudah di reservasi di memori dan siap
digunakan atau interaksi dengan obyek lain.
Abstraction
—Proses melakukan desain class, menentukan data dan method yang akan dimiliki oleh suatu class
—Contoh: mobil
-Data: warna, no plat, manufaktur, kecepatan, tipe, harga
-Method: akselerasi, membelok, mengerem
Paket
• Apa itu paket ?
• Paket adalah kumpulan kelas atau interface. Dengan paket sebuah software dapat dibuat
lebih struktural. Di bahasa pemrograman java sudah disediakan paket, misalnya paket java.io (
input output ), paket java.math ( mathematic), paket java.util. Dengan paket-paket ini memudahkan pemrogram untuk berorientasi mewujudkan software.
Sebagai contoh kita buat paket musik. Di dalama musik ada gitar, piano, seruling.
package musik;
class Seruling {
void play(){
System.out.println("tut tut tut...");
}
}
package musik;
class Gitar {
void play() {
System.out.println("ting ting ting ...");
}
}
package musik;
class Piano {
void play() {
System.out.println("teng teng teng ...");
}
}
Paket
• Apa itu paket ?
• Paket adalah kumpulan kelas atau interface. Dengan paket sebuah software dapat dibuat
lebih struktural. Di bahasa pemrograman java sudah disediakan paket, misalnya paket java.io (
input output ), paket java.math ( mathematic), paket java.util. Dengan paket-paket ini memudahkan pemrogram untuk berorientasi mewujudkan software.
Sebagai contoh kita buat paket musik. Di dalama musik ada gitar, piano, seruling.
package musik;
class Seruling {
void play(){
System.out.println("tut tut tut...");
}
}
package musik;
class Gitar {
void play() {
System.out.println("ting ting ting ...");
}
}
package musik;
class Piano {
void play() {
System.out.println("teng teng teng ...");
}
}
Perbedaan Objek & Class
Encapsulation
—Inti dari metode OOP dimana data objek dilindungi dari perubahan secara langsung dari luar
—Penggunaan access modifier: private, public, protected, dan default.
Karakteristik PBO
—PBO mempunyai karakterisitik khusus yang membedakannya dengan pemrograman terstruktur. Karakteristik atau sifat tersebut antara lain :
- Abstraksi dan Modular -- dipecah2 jadi modul
- Inheritance -- pewarisan sifat
- Enkapsulation -- penyembunyian data
- Polymorpism -- sifat dari objek yang dapat berupa dalam berbagai bentuk.
Kelebihan PBO :
—1. Alami (Natural)
—2.Dapat diandalkan (Reliable)
— 3.Dapat digunakan kembali (Resuable)
—4.Mudah untuk di-maintain (Maintainable)
—5.Dapat diperluas (extendable)
—6.Efisiensi Waktu
Kekurangan PBO :
—1.Memerlukan sumber daya komputer yang lebih besar karena tiap objek membutuhkan alokasi memori sendiri
—2.Sulitnya memahami konsep objek dan aspek-aspek yang terkait, seperti: class, inheritance, dll
0 komentar:
Posting Komentar